Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Menetap dan Cari Rumah Dijual di Surabaya, Simak Dulu Berbagai Kelebihannya Berikut Ini

Ingin Menetap dan Cari Rumah Dijual di Surabaya, Simak Dulu Berbagai Kelebihannya Berikut Ini

photo: wikipedia

Menjadi kota kedua terbesar setelah Jakarta, sektor ekonomi Surabaya didominasi oleh perdagangan dan industri, yang didominasi oleh produksi alat berat, agrikultur dan elektronik.

Dan karena menjadi pusat bisnis dan industri di kawasan timur Indonesia, membuat Surabaya jadi punya peran penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Bahkan bersama Jakarta, Surabaya juga jadi patokan dalam standar penilaian bisnis dan investasi.

Daya beli masyarakatnya yang terbilang tinggi dan ekonominya yang stabil, membuat Surabaya menjadi pasar yang menarik dan potensial, sehingga dijadikan tujuan untuk bisnis dan investasi, tak terkecuali di bidang properti.

Perkembangan ekonomi di Surabaya juga bisa dilihat dari munculnya sejumlah Central Business District (CBD).

Dimana salah satunya ada di Surabaya Pusat. Selama 3 dekade terakhir, kawasan ini memang jadi sentra utama kegiatan bisnis dan perdagangan di Surabaya.

Saking pesatnya perkembangan Surabaya, bahkan kawasan sekitarnya pun ikut bertumbuh dan mengalami kemajuan.

Perkembangan di berbagai sektor ini juga berimbas positif pada penduduk Surabaya, terbukti dengan meningkatnya kualitas hidup masyarakat.

Dimana kalangan ekonomi atas makin terbentuk kuat, sementara kalangan ekonomi bawahnya perlahan mengalami perbaikan kesejahteraan.

Ini tentu bagus untuk kemajuan di berbagai bidang, termasuk properti. Karena akan makin banyak permintaan terhadap hunian seperti rumah tapak.

Terbukti dengan banyaknya yang mengincar hunian di ibukota Jawa Timur ini misalnya dengan mencari informasi seputar rumah dijual di Surabaya.

Secara lebih spesifik, mungkin Anda perlu tahu apa saja kelebihan kawasan ini sehingga banyak yang ingin tinggal di sini.

Ya, faktor-faktor yang dibahas sebelumnya bisa dibilang gambaran umum yang menjadikan kota ini layak untuk ditempati.

Dan jika saat ini Anda termasuk orang yang sedang mencari rumah dijual di Surabaya dan ingin tinggal di sini, tentu butuh alasan lebih spesifik agar bisa lebih yakin dalam memutuskan.

Yang paling terlihat adalah bahwa Surabaya memiliki fasilitas lengkap.

Tak heran ya karena sebagai kota besar, bahkan salah satu kota metropolitan, sudah seharusnya sebuah kawasan memiliki fasilitas dan infrastruktur lengkap dan memadai.

Keberadaan infrastruktur, seperti jalan dan jembatan serta angkutan umum tentunya dibutuhkan untuk kemudahan akses.

Dan di sini ada jalan Tol Surabaya-Gempol yang melintasi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan dan merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak dan Banyuwangi.

Jalan tol ini juga menjadi akses utama jalur Surabaya-Malang dan Surabaya-Pasuruan. Lalu jalan ini juga terhubung di antaranya dengan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Surabaya-Gresik dan Jalan Tol Waru-Juanda.

Lalu ada pula Jembatan Suramadu yang melintasi Selat Madura dan menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura.

Ingin Menetap dan Cari Rumah Dijual di Surabaya, Simak Dulu Berbagai Kelebihannya Berikut Ini

 photo: jatimpos.id

Dengan panjang lebih dari 5 ribu meter yang membuatnya jadi jembatan terpanjang di Indonesia sejauh ini, Suramadu dibangun dengan memiliki tiga bagian, yaitu jalan layang, jembatan penghubung dan jembatan utama.

Sementara di dalam kota, juga ada Jembatan Suroboyo yang dibangun salah satunya untuk mengurangi kemacetan di kawasan timur dan utara.

Untuk pusat tranportasi umum, Surabaya punya Terminal Joyoboyo, Bratang, Keputih, Wonokromo dan lain-lain. Serta ada pula Stasiun Surabaya Kota, Stasiun Pasar Turi, Stasiun Gubeng dan masih banyak lagi.

Yang menarik, Surabaya memiliki pelabuhan yang bernama Tanjung Perak, yang menjadi pelabuhan terbesar dan tersibuk kedua di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok.

Pelabuhan ini juga sekaligus sebagai pusat perdagangan menuju kawasan Indonesia bagian timur. Di samping Tanjung Perak terdapat Pelabuhan Ujung yang merupakan pelabuhan kapal dengan melayani sejumlah rute salah satunya ke Madura.

Yang terakhir, ada Bandara Internasional Juanda yang jadi Bandara tersibuk kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Memiliki panjang landasan 3 ribu meter dengan luas terminal lebih dari 50 ribu meter pesegi, bandara ini dilengkapi dengan fasilitas seperti area parkir seluas hampir 29 ribu meter persegi dan berkapasitas lebih dari 3.000 unit kendaraan.

Secara keseluruhan bandara ini diperkirakan mampu menampung 13 - 16 juta penumpang ditambah 120 ribu ton kargo per tahunnya.

Akses ke bandara salah satunya dipermudah dengan dibangunnya Jalan Lingkar Dalam Timur yang menghubungkan Juanda dengan Jembatan Suramadu.

Selain jalan dan transportasi, Surabaya juga makin lengkap dengan berbagai fasilitas.

Jika melihat satu daerah, fasilitas sosial yang paling banyak diperhatikan antara lain adalah pusat kesehatan, pusat pendidikan hingga pusat wisata atau hiburan.

Pusat kesehatan yang ada di Surabaya misalnya adalah Rumah Sakit Premier, RS Darmo, PHC Hospital, RS Adi Husada, RS Islam Surabaya dan lain-lain.

Sedangkan untuk pusat pendidikannya, Surabaya punya beberapa sekolah yang bahkan jadi unggulan di Indonesia misalnya saja Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Surabaya.

Untuk pusat hiburan, ada beberapa pilihan mal di sini seperti Galaxy Mall 2, Grand City Mall, Ciputra World Surabaya, Tunjungan Plaza dan masih banyak lagi.

Tak hanya berupa pusat perbelanjaan, destinasi hiburan dan wisata di Surabaya masih banyak yang lainnya lho...

Jika ingin wisata alam, Anda bisa ke Pantai Kenjeran dan Ekowisata Mangrove Wonorejo.
Atau kalau mau wisata sejarah, coba kunjungi Kawasan Kota Tua serta sejumlah museum, jadi Anda bisa ajak anak-anak agar bisa sekaligus wisata edukasi.

Pilihan lainnya bisa kunjungi taman kota, yang akan jadi tempat seru untuk menghabiskan waktu luang sambil bermain ataupun bersantai.

Area terbuka di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi antara lain Taman Suroboyo, Taman Prestasi, Taman Mundu, Taman Flora Bratang serta Taman Harmoni Keputih.

Ingin Menetap dan Cari Rumah Dijual di Surabaya, Simak Dulu Berbagai Kelebihannya Berikut Ini

photo: goodnewsfromindonesia.id

Keberadaan taman ini memang bisa jadi daya tarik bagi Surabaya. Selain jadi tempat untuk bersantai atau sekedar berkumpul, bisa pula jadi area bermain yang ramah anak.

Dan yang tak kalah penting area ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber resapan air dalam rangka mengantisipasi banjir.

Melengkapi daya tarik dari taman-taman yang dibangun, lingkungan Surabaya juga dikenal dengan kebersihannya. Jadi bisa dibilang selain cantik, Surabaya memiliki lingkungan yang nyaman.
Tak heran jika kemudian kota ini mendapat penghargaan lingkungan mulai dari Adipura hingga Wahana Tata Nugraha.

Jadi ternyata Surabaya tak hanya memberikan peluang yang besar untuk bekerja karena tersedianya banyak sekali lapangan kerja, tapi juga menawarkan lingkungan yang ideal untuk dihuni.

Apalagi tahun ini pemerintah setempat telah menetapkan bahwa fokus pembangunan di Surabaya pada 2020 adalah infrastruktur seperti perbaikan jalan, saluran air, dan juga pemberdayaan ekonomi dimana nantinya semua kegiatan perekonomian warga akan difasilitasi oleh pemerintah.

Daya tarik ini setidaknya telah membuat Surabaya terus mengalami pertumbuhan jumlah penduduk, dimana pada tahun 2018 lalu, Surabaya dihuni oleh sekitar 2,8 juta jiwa.

Kalau Anda salah satu yang tertarik untuk mencari rumah dijual di Surabaya, maka Anda bisa cek informasinya melalui www.99.co/id.

Banyak sekali pilihan yang bisa Anda pertimbangkan dengan harga dan penawaran yang tentunya menarik.

Jadi, selamat berburu rumah dijual di Surabaya ya!