Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Surat Pribadi Singkat dan Contohnya

contoh surat pribadi singkat

3 Contoh dan Cara Membuat Surat Pribadi Singkat - Bercakap terkait surat menyurat, Seruni dapat memberikan contoh-contoh surat individu, bagus buat kakak, kawan dekat, juga keluarga. Sebelumnya muncul mobile-phone, nyaris seluruhnya orang pada masa dulu acapkali gunakan surat buat memberi kabar.

Lantaran, memanglah belumlah ada jalan keluar lain kecuali bikin surat. Walau demikian, pada waktu sekarang kita sangatlah simpel sekali untuk berkabar dengan keluarga, rekan, dan kawan dekat, juga kakak. Cuman dengan modal mobile-phone kita bisa berkirim pesan juga bertatap paras lewat video call.

Meski begitu, surat menyurat tetap masih dibutuhkan, loh. Umpamanya seperti bikin surat kuasa, surat dinas, surat lamaran lain seterusnya dan kerja. Tidak tutup peluang kamu juga menulis surat pribadi. Karena oleh gunakan surat di masa serba tehnologi ini, satu orang dapat berasa lebih dihormati kemunculannya. Pula sebagai wujud empati kepada beberapa orang yang disayang.

Surat masih juga dibutuhkan untuk wilayah yang masih belumlah ada akses internet. Maka dari itu oleh karena ada surat, karenanya data atau berita yang kamu beri dapat hingga sampai ke tangan pembaca, meskipun perlu saat yang cukup lama. Untuk membantu kamu saat bikin surat, pada saat ini, Seruni dapat mengupas dan memberi contoh berkaitan surat individu, biar tidak salah waktu menulis surat dan serius dapat dimengerti oleh orang yang dituju.

Artian Surat Individu

Surat individu adalah satu diantaranya tempat untuk kita lakukan komunikasi mengemukakan data berbentuk tulisan. Surat individu sendiri dipakai untuk keperluan individu, terdapat sifat tidak remi, dan tidak usah terdiam pada beberapa aturan penulisan yang baku. Akan halnya ciri-cirinya berikut ini:

Contoh Surat Individu

Tiada disisipkan dengan contoh surat individu, barangkali kalian dapat kebingungan dengan perihal keterangan individu di atas. Oleh lantaran itu, dibawah ini Seruni dapat memberi contoh-contoh surat individu bersama-sama bagaimanakah caranya tuliskannya dengan betul. Dengan contoh berikut di bawah ini, sekurang-kurangnya segera bisa mendalami dan dapat mempraktikannya dengan baik.

1. Contoh Surat Individu Pendek untuk Kawan dekat

Lampung, 31 Desember 2019

Untuk shabatku,

Desi Anjani

di Yogyakarta

Salam manis,

Apa kabarnya, Desi? Mudah-mudahan kamu sehat terus, ya. Menjawab suratmu lalu, saya jadi terlintas rumah kakek-ku. Lantaran, berlibur dalam rumah kakek sangatlah membahagiakan.

Satu hari selepas berlibur, saya berangkat ke kampung nenekku dan kakek. Dari sana, saya bermian dengan anak-anak desa. Wah, saya memperoleh pengalaman yang banyak, deh.

Semasa di sana, saya diajari teknik bikin selai nanas, pula kripik, dan dodol. Warga dari sana tidak ada yang tidak bekerja. Kecuali bertani, ya, tersebut mereka bikin selai, kripik, atau dodol.

Demikianlah, Des. Rupanya orang kampung lebih pintar bekerja, ya? Lantaran, mereka bisa bikin apa saja. Sehingga tidak ada yang tidak bekerja, Des. Kecuali, mereka pula hidup rukum dan puas bergotong royong.

Kalau satu diantaranya terserang malapetaka, yang lainnya dapat menolong. Saya senang dengan kebersama-samaannya. Tidak serupa sama orang di kota. Terlebih di Jakarta.

Wah, utamanya saya serasi berlibur di desa. Banyak pengalaman berfungsi yang kuperoleh di sana. Oh, tanganu telah pegal, nih. Lantaran sepanjang hari barusan saya bikin pekerjaan mengarang.

Jadi penat jari ini, hehe. Telah dahulu, ya. Ingat balas! Beritahukan pula berliburmu yang mengasyikan. Oya, berikan salamku terhadap keluargamu, ya.

Kawan dekatmu,

Kusuma Sari

2. Contoh Surat Individu untuk Guru

Bandung, 31 Desember 2019

Untuk Ibu Guruku Tersayang,

Assalamu'alaikum wr. wb.

Bagaimana berita Ibu? Saya berharap, sekarang Ibu pada situasi sehat wal'afiat dan terus dalam naungan Allah SWT. Aamiin. Oh iya, Bu. Saya mau mengemukakan suatu berita bahagia pada Ibu. Kabar ini adalah kabar sebagai angan-angan kita berdua saat saya masih duduk di kursi SMA dulu.

Alhamdulillah. Sekarang saya sudah sukses dipilih jadi olahragawan Kung-Fu yang dapat wakili Indonesia dalam arena Sea Game tahun depan. Saya mau berterima kasih terhadap Ibu atas didikan dan petunjuk Ibu sepanjang ini. Saya tak akan lupakan beberapa layanan Ibu.

Lantaran, Ibulah yang sudah mendapati kapabilitas yang terdapat di idri saya, dan Ibu pula yang telah memandu saya jadi olahragawan yang tersohor dan serba dapat seperti saat ini. Ibu ini tidak ada kata penat manalagi putus harapan dalam mendidik saya waktu ini. Ibu terus latih saya dengan semangat dan penuh kepercayaan dalam hati Ibu.

Ibu terus mendorong saya dan menekankan saya menjadi olahragawan yang bagus di era depan. Sekarang, seluruh usaha Ibu yang sudah Ibu kerjakan sampai kini sudah terbayar, Bu. Oleh lantaran itu, saya sangatlah mengucapkan terima kasih yang sebesarnya terhadap Ibu atas beberapa layanan yang sudah Ibu beri terhadap saya waktu ini.

Tidak hanya itu, saya pula mengundang Ibu untuk temani dan mengikuti saya berangkat ke China untuk memandang dan mendukungku langsung di sana. Saya dapat jemput Ibu dan keluarga langsung ke rumah. Demikian surat ini saya bikin, kelak kita teruskan percakapan ini pada waktu kita berbicara, Bu.

3. Contoh Surat Individu untuk Kakak

Semarang, 15 April 2019

Untuk Kak Vannya,

di Malang

Assalamu'alaikum wr. wb.

Hai, Kak. Bagaimana infonya? Mudah-mudahan kakak tidak ada kekurangan satu apa saja, ya. Dan di sini kabarku pula baik saja sama yang kakak harapkan. Oh iya, Kak. Telah 3 tahun kita tidak berhadapan, di sini saya sangatlah rindukanmu.

Saya tahu, Kakak tengah sangatlah repot bekerja dan saya pula direpotkan dengan uruan kuliah bersama-sama pekerjaan-tugasnya. Kak, tahu nggak? Semester ini saya tengah lakukan skripsi, loh. Doakan adikmu ini ya, Kak, mudah-mudahan cepat tuntas dan cepat lulu, biar saya dapat datang Kakak di Malang.

Oh iya, Ayah dan Ibu titip salam untuk Kakak. Salam kangen dan mudah-mudahan sehat di sana. Ingat memberinya berita apa saja kalau ada masalah. Ayah Ibu pula omong, mereka sangatlah kangen sekali dengan cucunya di Malang. Kelak kalaupun saya bertandang ke situ, mengajak saya bermain-main ke Bromo, ya. Telah dahulu ya, Kak. Sampai jumpa di kala liburan nanti.

Wassalamu'alaikum.

Salam rindu,

Adikmu

4. Contoh Surat Individu untuk Rekan Sekelas

Medan, 25 Agustus 2019

Untuk kawan dekatku Hermawan

di Jakarta

Halo, apa kabarnya, Her? Maaf ya awal kalinya, satu minggu saya kirim surat dua kali. Bagaimana keadaamu di Jakarta, tengah musim apa nih dari sana? Semoga kamu baik saja, ya. Aku juga di Medan baik saja.

Her, saya mempunyai narasi lucu, nih. Nyata kamu ketawa geli, deh. Berikut ceritanya, peristiwanya di sekolah. Waktu pelajaran matematika, mendadak perutku sait. Ya, aku terus memohon ijin ke belakang. Sehabis tuntas, perutku berasa lega, tidak mulas lagi.

Saya siap-siap balik ke kelas. Tetapi entahlah mengapa, mendadak pintu WC tidak dapat terbuka. Wah, au terkunci di WC. Duh, Her, saya was-was! Lantas, pintu kugedor-gedor dari dalam. Parahnya, tidak ada satu juga yang mendengar.

Saya pengen teriak mohon bantuan, akan tetapi malu. Selanjutnya, saya nantikan saja. Uh, hatiku bercampur saat itu. Takut, malu. Akan tetapi sukurlah, beberapa waktu lantas ada yang datang. Selanjutnya, Pak penjaga sekolah yang memberikan pintu itu.

Duh, lega rasanya, Her! Meski sebenarnya, saya telah putus harapan, loh. Ya, demikianlah ceritanya, Her. Bagaimana, lucu tidak? Lucu pula ‘kan, Her? Nach, Her, demikian dahulu ya ceritaku. Ingat dibalas suratku ini.

Bisa saja kamu mempunyai pengalaman lucu pula? Nach, beritahukanlah padaku. Eh, telah dahulu, ya? Saya nantikan narasi lucumu.

Kawan dekatmu,

Kuat

5. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Keponakan

Yogyakarta, 2 Desember 2019

Untuk Kakak ponakanku tercinta

Kak Putri

di Jakarta

Assalamu'alaikum wr. wb.

Apa kabarnya, Kak? Mudah-mudahan pada situasi seha-sehat saja ya di sana. Surat ini berencana kutulis untuk bertanya kabarmu. Saya mengharap, situasi kakak dari sana baik saja, ya. Tahu nggak, Kak? Sesungguhnya saya telah kangen sekali mau berbicara.

Ingin memandang paras Kakak saat ini seperti apa. Tidak berasa rupanya sangka telah lama tidak bertatap muka. Di Jakarta nyata banyak perbuahan yang terjadi dengamu. Mudah-mudahan kamu selalu mengingatku jadi adik keponakan yang terus rindukanmu.

Saya dan keluargaku memiliki rencana untuk mengunjungimu dari sana bulan akhir ini. Tidak sabar rasanya pengin berhadapan denganmu. Nantikan saya, ya, Kak. Kalau tidak ada rintangan, bulan akhir ini saya nyata hingga sampai ke sana.

Telah dahulu ya, Kak. Menjaga diri baik-baik. Jangan sempat sakit. Dan sampai jumpa di Jakarta

Dari adik ponakanmu,

Herin

Begitu review terkait contoh surat individu sekalian keterangan yang paling komplet untuk menjadi bahan pengetahuan kamu. Dengan mengenal beberapa keterangan dan contoh di atas, kamu pasti telah dapat mengira-ngira bagaimana bikin surat individu yang bagus, simpel dimengerti dan santun. Mudah-mudahan bermanfaat.