Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Motif Batik Sulawesi Selatan

Contoh Motif Batik Sulawesi Selatan

Motif batik sulawesi selatan - Batik dapat dikatakan produk asli Indonesia, apabila diliat kalau produk kain yang merasakan proses masukkan rintang atau proses mengendalikan warna ini diketahui sejak mulai zaman ke V di Tanah Toraja. Di mana di tehnik merias dengan mengendalikan warna di batik yang diketahui waktu ini yaitu dengan memanfaatkan lilin malam. Proses masukkan rintang atau mengendalikan warna, yaitu proses penggambaran di atas kain memanfaatkan lilin malam selaku perintang atau penahan warna ketika kain direndam di cairan berwarna.

Batik gak cuma dipunyai oleh orang Jawa, orang Sulawesi pun mempunyai motif batik yang berbagai ragam. Selaku contoh, batik Sulawesi Selatan punya konsep-motif seperti Toraja, Bugis serta Makassar. Batik Sulawesi Selatan kebanyakan memanfaatkan tehnik pengerjaan yang serupa dengan batik Jawa, tetapi masih punya kekhasan sendiri.

Batik Sulawesi

Sebelumnya batik sama hal yang saat ini diketahui ada, ialah tehnik merias dengan mengendalikan warna atau masukkan rintang memanfaatkan lilin malam, di Indonesia udah diketahui batik dengan tehnik lebih sederhana. Satu diantara cikal bakalan batik bisa dikilas-balik dari Kain Sarita dari Tanah Toraja di Sulawesi Selatan yang memanfaatkan bubur ketan serta lilin lebah selaku perintang warna.

Kain Sarita dari Toraja, Sulawesi Selatan, memanfaatkan tehnik mengendalikan warna disamping memanfaatkan bubur ketan pun memanfaatkan bahan dari lilin lebah. Sarita pertamanya kali diselesaikan di wilayah pegunungan yang terisolasi maka ada pendapat, Indonesia punya cikal bakalan batik dari dalam lokasinya sendiri.

Menurut TT Soerjanto, kurator di Museum Batik Kuno Danar Hadi (Solo) juga eks Kepala Balai Peningkatan Batik di Yogyakarta kalau produk kain yang merasakan proses masukkan rintang ini diketahui sejak mulai zaman V di Tanah Toraja. Batik berbentuk yang lebih primitif malahan udah dipunyai oleh orang Toraja (Tana Toraja, Sulawesi Selatan).

Batik Toraja

Jadi alamiah apabila perjalanan dalam bentang jam yang cukuplah panjang, 15 zaman, udah bikin batik selaku satu fasilitas pernyataan dunia pikirkan atau kosmologi yang sempat pernah hidup pada suatu penduduk. Lebih dari pada sebatas fasilitas pernyataan estetik belaka. Lewat batik, penduduk mengatakan dunia pikirkan yang hidup di eranya ialah mencakup keyakinan, cerita, konsepsi pembuatan kehidupan, jagat raya, selaras hidup, adat, kebiasaan selanjutnya, dan istiadat.

Dan di Sulawesi tengah umumnya menghadirkan bahan baku tekstil batik dari Jawa, akan tetapi pengerjaan konsepnya dikerjakan oleh penduduk perajin batik di Sulawesi tengah pasnya di kota Palu serta konsepnya sesuai sama ciri-khas konsep lokal Palu. Konsep yang dipakai batik-batik di Sulawesi tengah biasanya mendeskripsikan konsep burung maleo, konsep bunga merayap, konsep resplang, konsep sirkulasi serta konsep ukir-pahatan rumah kebiasaan Kaili maupun konsep buah cengkeh dan bunga.

Batik Bomba

Mix and match batik bomba dengan kebaya modern memberi dukungan tampilan Anda dalam acara upacara special seperti wisuda.

Gabungan warna kuning ceria dengan hijau toska membentuk nuansa keceriaan serta bikin tampilan Anda eye-catching.

Bermacam bentuk dari kain batik Sulawesi dapat mendatangkan nuansa elegan, berani, enjoy, ataupun gagah tergantung di gabungan pakaian yang dipilih.

Blazer Sesuai tren Konsep Pa' Manu' Londong

Buat Anda banyak lelaki yang pemeluk mode, batik unik Toraja yang juga unik bermotif ayam ini selaku contoh batik Sulawesi sesuai pun jadikan blazer.

Masih tampil modis serta senang dengan budaya Indonesia. Harga 700.000 apabila Anda ingin membelinya.

Konsep Salaqbi' Buat Pakaian Ke kantor

Anda buruh katoran? Karyawan Negeri Sipil? Sama dengan batik dari wilayah lain, batik Sulawesi begitu sesuai buat acara resmi ditambah lagi jadi seragam kantor. Eit, namun masih hati-hati memutuskan outfit yang lain ya biar masih dapat tampil stunning di kantor.

Sewaktu ada acara festival sejenis karnaval atau acara seni budaya, memutuskan batik dari Sulawesi buat tampilan anak Anda benar-benar yaitu alternatif tepat. Pasalnya konsep batik Sulawesi membikin penggunanya anggun yang tegas.